Mencintai Budaya Olahraga Dalam Negeri dan Produk Asli Indonesia
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Rasa cinta tanah air
adalah rasa kebanggaan, rasa memiliki, rasa menghargai, rasa menghormati dan
loyalitas yang dimiliki oleh setiap individu pada negara tempat dimana ia
tinggal. Yang tercermin dari perilaku membela tanah airnya, menjaga dan
melindungi tanah airnya, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negaranya,
mencintai adat atau budaya yang ada dinegaranya dengan melestarikannya dan
melestarikan alam dan lingkungan.
Sebagai warga Negara Indonesia sudah sepatutnya kita mencintai Negara
kita sendiri dari segi apapun yang membuat Indonesia menjadi Negara yang maju
dan berkembang. Untuk itu lah perlu adanya perwujudan dari cinta tanah air dari
kita pribadi.
Perwujudan rasa persatuan dan cinta tanah air harus kita laksanakan di
lingkungan keluarga, sekolah, tempat tinggal kita, bahkan di manapun kita
berada. Sebagai generasi penerus bangsa hendaknya kita dapat mewujudkan sikap
dan tingkah laku yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat yang merugikan
diri sendiri atau masyarakat.
Tidak hanya itu saja, dewasa ini di setiap hampir pemberitaan di media
televise dari mulai iklan sampai dengan di internet sedang hangat – hangatnya
membicarakan seputar dunia olahraga baik di dalam negeri maupun mancanegara.
Namun mirisnya, mayoritas masyarakat kita lebih mendukung dan membanggakan
olahraga dari manacanegara.
B.
RUMUSAN
MASALAH
Dari
persoalan diatas yang melatar belakangi kejadian tersebut, dapat dirumuskan
masalah seperti berikut.
1. Apa
yang harus diwujudkan dalam menamkan rasa cinta kita terhadap olahraga nasional
di Indonesia?
2. Bagaimana
upaya untuk lebih mencintai produk dalam negeri?
C.
TUJUAN
MASALAH
1. Mengetahui
apa yang seharusnya diwujudkan dengan menanamkan rasa cinta dalam olahraga nasional di Indonesia
2. Mengetahui
bagaimana upaya kita untuk lebih mencintai produk sport dalam negeri
dibandingkan dengan produk buatan luar
BAB
II
ISI
I.
MENANAMKAN
RASA CINTA TERHADAP OLAH RAGA INDONESIA
Upaya untuk mencintai olahraga Indonesia adalah dengan
cara kita mengetahui dulu jenis olah raga apa yang asli berasal dari Indonesia,
seperti apa olahraga yang ada di Indonesia. Setelah kita mengetahui, dilandasi
oleh rasa cinta dan sayang kita terhadap tanah air pasti ada rasa ingin, mau, dalam menekuni
olahraga yang kita inginkan. Olahraga Pencak Silat contohnya, Pencak silat atau
silat adalah suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia. Seni
bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan
Singapura, Filipina selatan, dan Thailand selatan sesuai dengan penyebaran
berbagai suku bangsa Nusantara. Berkat peranan para pelatih asal Indonesia,
kini Vietnam juga telah memiliki pesilat-pesilat yang tangguh. Induk organisasi
pencak silat di Indonesia adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Organisasi
yang mewadahi federasi-federasi pencak silat di berbagai negara adalah
Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa (Persilat), yang dibentuk oleh
Indonesia, Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam.
Selain olahraga Pencak Silat ada olah raga lain yang
telah membanggakan, mengharumkan nama Indonesia di pentas Dunia. Sebut saja
Badminton (Bulu Tangkis). Olah raga yang dimainkan dengan kok dan raket ini,
kemungkinan berkembang di Mesir kuno sekitar 2000 tahun lalu tetapi juga
disebut-sebut di India dan Republik Rakyat Tiongkok ini telah menjadi salah
satu olahraga kebanggan Indonesia saat ini.
II.
LEBIH
MENGENAL DAN MENCINTAI PRODUK ASLI INDONESIA
Upaya untuk mencintai produk dalam negeri dengan cara
mengetahui produk yang ada, yang dimiliki asli oleh Indonesia saat ini. Seperti
apa bentuk jenis produk itu, dan bagaimana cara kita untuk meyakini diri kita
agar kita dapat cinta dan akan loyal terhadap produk asli Indonesia.
Suatu contoh produk asli Indonesia yang akan saya
bahas disini adalah produk olahraga asli Indonesia “League”. Mengapa League?
League, yang resmi berdiri pada tahun 2003, merupakan
brand Indonesia yang khusus memproduksi produk-produk olahraga berkualitas
internasional.
Dengan rangkuman 20 tahun kerja keras, disiplin, dan
inovasi dalam memproduksi produk olahraga merek kelas dunia, pengalaman dan
kemampuan League dalam mendesain dan memproduksi produk olahraga tidak perlu
dipertanyakan lagi.
Dalam setiap proses produksinya, League selalu
mengutamakan 3 aspek: kualitas, kenyamanan, dan desain.
League percaya bahwa performa yang baik selalu
didukung oleh produk dengan kualitas terbaik. Begitu juga dengan kenyamanan.
Produk dengan kualitas yang baik, akan secara langsung terasa sangat nyaman
ketika dipakai. Dua unsur inilah yang kemudian diusung oleh League sebagai
panduan utama untuk seluruh produk League.
Semua produk League harus berkualitas tinggi dan
nyaman dipakai.
League juga memahami bahwa kebutuhan masyarakat kini
tdak hanya bertumpu pada produk dengan daya guna tinggi, tetapi juga produk
yang berpenampilan menarik.
Inilah mengapa semua produk League selalu terlihat
trendy dan stylish. Kepercayaan diri kamu akan meningkat dengan mengenakan
produk League, begitu juga optimisme kamu dalam menghadapi tantangan.
Selain itu masih banyak lagi produk asli yang berasal
dari Indonesia, dari sini kita dapat mengetahui dan dapat meyakini bahwa produk
Indonesia ini tidak kalah dan dapat bersaing dengan produk luar negeri.
Cinta terhadap tanah air, maka cinta juga terhadap isi
dari tanah air itu sendiri.
BAB
III
PENUTUPAN
KESIMPULAN
DAN SARAN
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa rasa
cinta tanah air adalah rasa kebanggaan, rasa memiliki, rasa menghargai, rasa
menghormati dan loyalitas tinggi yang dimiliki oleh setiap individu pada negara
tempat ia tinggal yang tercermin dari perilaku membela tanah airnya, menjaga
dan melindungi tanah airnya, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan
negaranya, mencintai adat atau budaya yang ada dinegaranya dengan melestarikannya
dan melestarikan alam dan lingkungan.
Contohnya olahraga dan produk olahraga asli Indonesia
dapat bersaing dengan produk luar Indonesia. Dari pada itu kita sebagai
masyarakat yang cinta, sayang akan tanah air, seharusnya dapat menjaga dan
melestarikan olahraga dan prosuk asli, agar Negara kita dapat terus mampu
bersaing dan mensejajarkan kemampuannya dengan Negara luar yang juga dianggap
lebih mumpuni dalam segala aspek olah raga maupun produk sportnya. Cintai tanah
airmu, seperti tanah air mencintaimu. Dalam artian Cintai segala produk dalam
negeri dan mengembangkan atau mengenalkan kenegara luas, bahwa Negara kita
Indonesia mampu. Loyalitas tanpa batas
dalam hal mencintai segala olahraga dan produk asli dalam negeri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar