WELCOME

<< WELCOME >> << WELCOME >>

Minggu, 02 November 2014

SUMBER KONSUMEN

INFORMASI  DAN SUMBER KONSUMEN

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah

Sumber konsumen adalah sebuah proses yang terjadi didalam kehidupan sehari-hari dimana informasi dari sumber konsumen yang didapatkan dari pembelian produk. Konsumen yang royal, akan mencari informasi tentang produk yang akan dibeli kepada konsumen yang lain atau orang yang telah berlayanan produk tersebut juga.

Informasi yang didapatkan bisa saja dilakukan dengan browsing melalui internet, atau mungkin bisa juga dengan hal seperti tadi yaitu survey. Survey yang dilakukan untuk mencari informasi suatu produk yang akan kita beli harus sesuai dengan keperluan ataupun kebutuhan kita.
Sumber konsumen ini juga dapat memberikan pengarahan kepada para konsumen yang akan mencari informasi tentang produk yang akan dibelinya. Informasi yang kongkrit, jelas dan detail pasti akan terlontar dari perkataan konsumen yang bertanya.

Kita sebagai konsumen juga harus cerdik, jeli terhadap produk yang  akan kita beli. Berbicara soal loyalitas terhadap produk, kita dapat merasakannya setelah kita membeli produk dan merasakannya langsung. Dalam contoh : Sabun mandi ( Lux ).
Apa yang menjadi alat ukur kita, apakah kita akan loyal terhadap produk ini. Dapat dibuktikan dan dirasakan setelah kita mencoba memakai produk ini.

B. Rumusan Masalah
A. Apa pengertian dari Informasi ?
B. Apa untungnya kita mencari sumber informasi ?

C. Tujuan
A. Mengetahui apa itu informasi
B. Mengetahui apa itu sumber informasi

BAB II
PEMBAHASAN



A. Informasi

Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau sekumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari symbol, atau makna yang didapet ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat di direkam atau ditransmisikan. Hal ini dapat dicatat sebagai tanda- tanda, atau sebagai sinyal berdasarkan gelombang. Informasi juga bisa diartikan sebagai data yang telah diberi makna melalui konteks.
Dalam hal ini informasi yang dimaksud adalah informasi untuk suatu produk. Informasi yang diperlukan untuk para konsumen agar loyal terhadap produk itu sendiri. Meyakinkan konsumen melalui suatu produk yang baru atau awam adalah suatu hal yang cukup sulit.
Informasi yang perlu diperhatikan oleh para konsumen yang ingin membeli suatu produk atau konsumen yang akan loyal terhadap produk adalah informasi yang kongkrit, dan jelas. Sebagai contoh; kualitas, mutu, dan harga.
Dalam memilih suatu produk konsumen harus jeli terhadap produk tersebut, informasi yang mudah didapatkan melalui internet bahkan juga dari mulut-ke mulut para konsumen yang lain. Menjadikan tolak ukur nantinya disaat konsumen ingin menjadikan produk itu sebagai produk loyal mereka.
Jenis – jenis informasi :
a. Informasi Formal
b. Informasi Informal
Ciri – cirri informasi :
a. Terbaru
b. Tepat waktu
c. Relevan
d. Konsisten
e. Penyajian dalam bentuk sederhana


Penggunaan informasi :
a. Low level manager
b. Middle level manager
c. Top level manager
Fungsi informasi :
a. Untuk meningkatkan pengetahuan sipemakai
b. Untuk mengurangi ketidak pastian dalam proses pengambilan keputusan
c. Menggambarkan suatu kedaan yang sebenarnya dari suatu hal.
B. Sumber Informasi
Sumber informasi adalah segala hal yang dapat digunakan oleh seseorang sehingga mengetahui tentang hal yang baru, dan mempunyai ciri – cirri , yaitu:
- Dapat dilihat, dibaca dan dipelajari
- Diteliti dikaji dan dianalisis
- Dimanfaatkan dan dikembangkan didalam kegiatan – kegiatan pendidikan, penelitian, laboratorium
- Ditransformasikan kepada orang lain.
Secara umum, semua sumber informasi adalah suatu sumber belajar, karena dalam sumber informasi selalu terkandung hal- hal yang dapat digunakan sebagai sumber pengetahuan. Adapun jenis- jenis sumber informasiu :
a. Visual
Sumber informasi yang dapat dilihat oleh indera penglihatan, dapat berbentuk tuliisan dan gambar. Contoh : Buku, Jurnal, Makalah, Internet dll.
b. Audio
Sumber informasi yang hanya dapat diperoleh melalui indera pendengaran, karena hanya berupa suara. Contoh : Radio
c. Audiovisual
Sumber informasi yang dapat diperoleh baik melalui indera penglihatan maupun pendengaran. Contoh ; Televisi dll.


BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Konsumen yang royal, yang terbiasa membeli suatu produk yang sama. Pasti akan memberikan informasi terhadap konsumen yang baru, atau yang akan memakai produk tersebut. Informasi yang diberikan adalah informasi yang jelas berhubungan dengan produk yang diinginkan oleh konsumen, mulai dari suatu kualitas produk, mutu produk, maupun harga produk itu sendiri.
Informasi yang didapatkan oleh para konsumen bisa didapatkan melalui media massa, media elektronik, media cetak dll. Dengan keinginan dan niat yang tinggi, konsumen akan membeli produk yang akan digunakan. Loyal terhadap suatu produk adalah suatu peyakinan terhadap para konsumen itu sendiri. Membuat konsumen loyal terhadap produk yang diinginkan adalah suatu nilai plus dalam marketing perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar